Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan produksi kedelai tahun 2015 mencapai 1,3 ton per hektare.

"Target kami produksi tanaman kedelai 1,3 ton per hektare,"  kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman di Mukomuko, Minggu.   
Ia mengatakan target produksi kedelai itu sesuai dengan program pemerintah pusat untuk melakukan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (DPPTT) kedelai.     

Untuk mendukung program ini, katanya, petani di daerah itu akan dibantu sarana produksi (Saprodi), seperti pupuk, dan benih kedelai.

Sedangkan lahan untuk itu, katanya, disiapkan 1.000 hektare untuk pengembangan tanaman palawija dan kedelai ini.

Saat ini, katanya, instansi itu sedang mencari dan mengidentifikasi calon penerima dan calon lokasi (CPCL) lahan seluas 1.000 hektare untuk palawija.

Ia mengatakan lahan seluas 1.000 hektare itu tersebar di Kecamatan Malin Deman sekitar 350 hektare, dan Penarik sekitar 250, sedangkan sisanya di lima kecamatan lain di daerah itu, yakni Kecamatan Sungai Rumbai, Air Manjuto, Selagan Raya, Teramang Jaya, dan XIV Koto.

Sebanyak 100 kelompok tani yang memiliki lahan seluas 1.000 hektare memperoleh bantuan untuk menanam kedelai.

Sementara, lanjutnya, pelaksanaan penanaman tanaman kedelai ini dimulai Mei, Juni, Juli, dan Agustus 2015.***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015