Pemerintah Kota Bengkulu menggelar sejumlah perlombaan tingkat kecamatan di wilayah tersebut untuk menyambut HUT Ke-78 RI di daerah tersebut.
 
Sejumlah kegiatan dengan menggunakan nama "lomba merdeka" tersebut, antara lain lomba merdeka ijazah, lomba merdeka sampah, lomba merdeka stunting, lomba merdeka ekonomi, lomba Bengkulu-ku aman, lomba Bengkulu sehat, dan lomba rumah ibadah buka 24 jam.
 
"Dalam rangka memeriahkan HUT RI di Kota Bengkulu, pemkot mengadakan kegiatan lomba antar-RT, antarkelurahan dan kecamatan yaitu 'lomba merdeka'," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Kota Bengkulu, Senin.

Baca juga: DPRD usulkan tiga nama calon penjabat Wali Kota Bengkulu ke Kemendagri
 
Pemerintah Kota Bengkulu telah menyiapkan ratusan juta rupiah sebagai hadiah bagi pemenang dalam perlombaan menyambut HUT Ke-78 RI di daerah tersebut.
 
Dia menjelaskan kegiatan dan perlombaan tersebut dilaksanakan untuk melihat persoalan di masyarakat serta realisasi program yang dijalankan oleh pemerintah.
 
Dalam menyambut HUT RI Ke-78 di daerah itu, Pemerintah Kota Bengkulu menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan yang melibat seluruh masyarakat.

Ia menjelaskan Pemerintah Kota Bengkulu ingin memastikan setiap warga mendapatkan haknya agar bahagia, salah satunya ijazah pendidikan.

"Pemerintah meminta seluruh RT dan perangkat pemerintah keliling dari rumah ke rumah untuk menanyakan kepada warganya yang belum mendapatkan ijazah, yang dikarenakan tunggakan sekolah, baik tingkat sekolah dasar(SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan (Sarjana, red.) stata1," katanya.
 
Sebelumnya, Pemkot Bengkulu menyukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih sebagai bentuk menyemarakkan HUT Ke-78 RI di daerah itu.

Baca juga: Polda Bengkulu sosialisasi uji SIM C dengan pola sirkuit di 10 wilayah
 
Bendera Merah Putih tersebut akan dipasang di seluruh instansi pemerintah, instansi swasta, sekolah, tempat umum, rumah, dan tempat strategis lainnya di Kota Bengkulu.
 
"Pemerintah bersemangat menyambut gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih ini, apalagi Kota Bengkulu saat ini dikenal sebagai 'Bumi Merah Putih' karena Bengkulu merupakan tanah kelahiran sang saka Merah Putih," kata Wakil Wali Kota Bengkulu Deddy Wahyudi.
 
Pada gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih, pemerintah melibatkan seluruh jajaran Pemkot Bengkulu hingga RT dan RW.
 
Untuk menyemarakkan gerakan tersebut, pemkot setempat melaksanakan berbagai perlombaan di "Kota Merah Putih", Kelurahan Pekan Sabtu sembari memperkenalkan Kota Bengkulu sebagai "Kota Merah Putih".

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023