Rejanglebong (Antara) - Pihak Subdevisi Regional Bulog Curup, Provinsi Bengkulu, telah mendistribusikan beras bantuan masyarakat miskin (raskin) pada 15 kecamatan di Kabupaten Rejanglebong sebanyak 551,730 ton .

"Realisasi pendistribusian raskin untuk Kabupaten Rejanglebong sampai tanggal 23 Maret 2015, sebanyak 551,730 ton. Beras raskin yang sudah didistribusikan ini untuk kalangan rumah tangga sasaran atau RTS yang tersebar di 12 dari 15 kecamatan di Rejanglebong. Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya masih belum menyetor uang penebusan raskin sehingga belum bisa didistribusikan," kata Kepala Subdivre Bulog Curup yang mebawahi tiga kabupaten yakni Rejanglebong, Kepahiang dan Lebong, Armansyah di Rejanglebong, Selasa.

Dari 15 kecamatan di Rejanglebong kata dia, hingga saat ini masih ada tiga kecamatan yang belum menebus jatah raskin untuk tiga bulan penebusan terhitung dari Januari sampai Maret yakni Kecamatan Curup Selatan, Bermani Ulu dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Sedangkan untuk 12 kecamatan lainnya tercatat delapan kecamatan yang sudah melakukan penebusan untuk tiga bulan berjalan yakni kecamatan Curup Timur, Curup Utara, Bermani Ulu Raya, Selupu Rejang, Sindang Kelingi, Binduriang, Sindang Beliti Ilir dan Kota Padang.

Sementara itu empat kecamatan lainnya tambah dia, baru melakukan penebusan untuk Januari dan Februari yakni Kecamatan Curup Kota, Curup Tengah, Sindang Dataran, Padang Ulak Tanding.

Untuk itu pihaknya mengimbau beberapa kecamatan yang belum melakukan penebusan raskin agar secepatnya dilakukan sehingga bisa langsung didistribusikan kepada warga yang berhak menerimanya, apalagi saat ini harga jual beras di pasaran masih terbilang cukup tinggi.

Pihak Bulog kata dia, baru bisa melakukan pendistribusian raskin untuk jatah masing-masing kecamatan jika mereka sudah menyetorkan uang penebusan dari masing-masing desa dan kelurahan yang tersebar dalam 15 kecamatan.

Pembayaran beras raskin ini dilakukan dimuka, dimana peraturan ini sudah diberlakukan sejak beberapa tahun belakangan. Beras yang dijual untuk kalangan masyarakat tidak mampu itu seharga Rp1.600 per kg dengan jumlah per kk penerimanya sebanyak 15 kg atau senilai Rp24.000. Untuk pendistribusian kali ini dilakukan untuk jatah tiga bulan sekaligus, sehingga per kk akan mendapatkan raskin sebanyak 45 kg dengan jumlah penebusan Rp72.000.

Jumlah penerima raskin 2015 di Kabupaten Rejanglebong kata dia, sebanyak 19.514 RTS, yang pertahunnya menerima penyaluran sebanyak 3.512.520 atau perbulannya 292.710 kg, dimana untuk kecamatan terbanyak penerimanya berada di Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan jumlah  2.875 RTS dengan jumlah beras yang disalurkan per bulan mencapai 43.109 kg.

Sedangkan untuk kecamatan yang paling sedikit menerima raskin tambah dia, berada di Kecamatan Curup Selatan yakni sebanyak 748 RTS dengan jumlah penyaluran per bulan sebanyak 11.220 kg.***4*** 

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015