Bengkulu (Antara) - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) menyiapkan 132 program untuk menanggulangi penyakit HIV/Aids di 10 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

"Ada 132 program secara nasional yang diturunkan ke daerah untuk menanggulangi HIV/Aids secara nasional, termasuk di Bengkulu," kata Sekretaris KPA Provinsi Bengkulu Abdi Setia Koesuma di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan program tersebut dibagi menjadi 26 program besar, antara lain komunikasi perubahan perilaku, mobilisasi komunitas, "harm reduction" atau penanggulangan narkoba, komunikasi informasi edukasi, dan promosi penggunaan kondom.

Berikutnya, layanan Infeksi Menular Seksual (IMS), intervensi biomedis, intervensi pada orang muda, intervensi di tempat kerja, kewaspadaan universal, konseling tes HIV, pencegahan penularan dari ibu ke anak.

"Ada juga pelatihan medis, tes penunjang pengobatan, terapi ARV, rawat jalan, rawat inap, perawatan di rumah, dan dukungan psikososial hingga intervensi ekonomi," ujar dia.

Ia mengatakan program lain, adalah bantuan kesehatan, bantuan pendidikan, bantuan sosial perencanaan dan advokasi, pembuatan Perda HIV/Aids dan Peraturan Bupati/Wali Kota dan sistem informasi data serta suvei dan penelitian.

Masing-masing program itu, kata Abdi, didukung sejumlah kegiatan. Contohnya program perubahan perilaku memiliki kegiatan antara lain pertemuan komunitas, penjangkauan, pendidikan sebaya, pertemuan kelompok sebaya dan pelatihan infeksi menular seksual.

Sasaran program tersebut, yakni wanita pekerja seks, waria, lelaki berisiko tinggi, pengguna napza suntik dan masyarakat.

"Semua rencana program ini sudah diturunkan ke KPA kabupaten dan kota, tapi masih perlu memperkuat koordinasi dengan dinas-dinas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015