Rejanglebong (Antara) - Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyosialisasikan teknis pelaksanaan ujian nasional 2015 ke sekolah-sekolah penyelenggara UN di 15 kecamatan.

"Dalam sosialisasi ini pihak sekolah yang akan menyelenggarakan UN selain mendapatkan penjelasan teknis pelaksanaan UN, juga mendapatkan buku panduan prosedur operasional standar ujian nasional (POSUN) tahun ajaran 2014/2015 serta Badan Standar Pendidikan Nasional (BNSP)," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Rejanglebong, Zakaria Effendi di Rejanglebong, Sabtu.

Sosialisasi pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK, kata dia, akan dilaksanakan serentak secara nasional terhitung 13-15 April.

Jumlah siswa terdaftar di Rejanglebog sebanyak 3.136 orang terdiri dari  pelajar SMK sebanyak 1.084 siswa dan pelajar dari SMA dan MA sebanyak 2.052 siswa. Sedangkan untuk sekolah pelaksana UN ini, terbagi menjadi dua rayon, yakni MAN Curup untuk rayon tingkat SMA dan MA serta SMKN 1 Curup untuk tingkat SMK.

Untuk pendistribusian soal ujian tingkat SMA sederajat tambah dia, akan dilaksanakan pada 9 April 2015, dengan pengawasan dari pihak kepolisian. Soal ujian ini yang dikirim dari Diknas Provinsi Bengkulu selanjutnya akan disimpan di Mapolres Rejanglebong, dan saat pelaksanaannya sebelum didistribusikan ke masing-masing sekolah akan diinapkan di Polsek masing-masing kecamatan.

Pelajar SMA/ sederajat yang akan mengikuti UN tahun ajaran 2014/2015, kata dia, saat ini sudah masuk dalam daftar nominasi tetap (DNT) di Kemdiknas.

Diharapkan dari jumlah itu nantinya semua pelajar yang terdaftar dapat mengikuti pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan pada 13-15 April 2015 mendatang.

Selain itu pelajar SMA sederajat yang sudah terdaftar diharapkan  dapat menjaga kesehatan dan memprsiapkan diri di sekolah serta d rumah sehingga bisa mengikuti UN dengan baik.

"Peranan orang tua untuk mengawasi anak di rumah sangat penting, sedangkan jika mereka masih di sekolah menjadi tanggungjawab sekolah mengawasinya. Diharapkan dengan adanya pengawasan orangtua dan guru ini pencapaian hasil UN masing-masing siswa bisa memuaskan," ujarnya.

Pihak Diknas Rejanglebong sendiri kata dia, pada pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat tahun ini menargetkan tingkat kelulusan 100 persen.***4*** 

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015