Sebanyak 1.264 pelajar tingkat SD dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2023 dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Rezza Paklevie saat dihubungi, Sabtu mengatakan pencairan beasiswa PIP setiap tahunnya dilakukan dua tahapan atau fase.

"Jumlah penerima beasiswa PIP di Kabupaten Rejang Lebong tahun ini 1.264 siswa, terdiri dari 812 siswa SD dan 452 siswa SMP," ucapnya.

Pencairan beasiswa PIP untuk tahap pertama sudah dilaksanakan Juli 2023 dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan Februari 2024.

Menurut dia, pelajar sekolah yang menerima beasiswa PIP itu sendiri diusulkan melalui petugas operator sekolah ke aplikasi data pokok pendidikan atau dapodik dengan menyertakan persyaratan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK).

Selanjutnya Kartu keluarga Sejahtera (KKS), atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa/kelurahan masing-masing, kemudian buku rapor, dan surat pemberitahuan penerima bantuan siswa miskin atau BSM dari sekolah.

Setelah menyerahkan persyaratan dan pendaftaran dapodik kalangan pelajar ini nantinya mengeceknya laman website pip.kemdikbud.go.id.

Adapun besaran beasiswa PIP yang akan diterima oleh kalangan pelajar ini per tahunnya untuk tingkat SMP sebesar Rp750 ribu, dan tingkat SD sebesar Rp450 ribu.

Dia mengimbau pelajar yang menerima beasiswa PIP di daerah itu agar menggunakannya untuk memenuhi keperluan sekolah, bukan untuk keperluan konsumtif.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023