Mukomuko (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan penilaian tujuh sekolah yang diusulkan Kabupaten Mukomuko untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi.

"Sebanyak 13 sekolah di daerah ini yang diusulkan mendapatkan penghargaan Adiwiyata, namun hanya tujuh sekolah yang dinilai,"  kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Nurhasni, di Mukomuko, Rabu.

Sedangkan, katanya lagi, enam sekolah lainnya belum siap dinilai, dan kemungkinan mereka ini masih pesimistis tidak bisa maju ke tingkat provinsi.

Karena itu, tim penilai dari Provinsi Bengkulu hanya menilai tujuh sekolah di Kabupaten Mukomuko yang layak untuk memperoleh penghargaan Adiwiyata.

"Tujuh sekolah yang dinilai itu mulai dari jenjang SD hingga SMA," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, sebelum dinilai, sekolah ini sudah dipersiapkan, mengingat selama ini sebanyak 13 sekolah tersebut telah dibina sebagai sekolah Adiwiyata.

Selanjutnya, katanya pula, penilaian dilakukan oleh tim penilai dari Provinsi Bengkulu.

Penilaian terhadap sekolah itu, ujar dia, dari aspek kerindangan pohon di sekolah itu maupun kebersihan lingkungan sekolah.

Selain itu, penilaian pengolahan limbah yang dilakukan di sekolah dimaksud untuk menyampaikan pesan moral kepada masyarakat sekitar tentang pengolahan limbah yang telah dilakukan oleh sekolah, ujarnya.

Penilaian juga dilakukan atas kreativitas sekolah memanfaatkan limbah botol minuman untuk pot bunga yang ditempel di dinding sekolah.***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015