Mukomuko (Antara) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana menjadikan pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya sebagai pusat jual beli batu akik terbesar di daerah itu.

"Di pasar itu kini sudah ada lima kios yang disewa pedagang batu akik. Kios lain yang jarang buka di pasar itu akan kita tarik untuk pedagang batu akik," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi, di Mukomuko, Kamis.

Namun, katanya, penarikan kios pasar tradisional itu dilakukan secara bertahap, karena kios yang jarang buka itu ada pemiliknya, barang-barang dagangan juga masih ada di dalamnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya butuh waktu untuk menarik dan memberikan kios itu kepada pedagang batu akik.

"Kita juga tidak mungkin memaksa pedagang harus buka setiap hari kalau tidak ada pembelinya. Jadi penarikan ini dengan pendekatan agar kios itu buka setiap hari," ujarnya.

Ia yakin, kalau semua kios bagian depan pasar tradisional itu ditarik dan diberikan kepada pedagang batu akik, maka pasar itu pasti ramai oleh pembeli.

Namun, katanya, dirinya belum mengetahui jumlah kios bagian depan pasar itu yang jarang dibuka setiap hari. Karena akan di data terlebih dahulu.

"Kita data dahulu, jumlah kios yang akan diberikan kepada pedagang batu akik," ujarnya.

Ia menerangkan, pasar tradisional di Kelurahan Koto Jaya itu sangat cocok sebagai pusat batu akik karena letaknya strategis sepanjang Jalan Lintas Barat.***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015