Pemerintah Provinsi Bengkulu mengatakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang terselenggara dengan damai dapat menghasilkan pemimpin bangsa yang sesuai dengan harapan rakyat.
 
"Merupakan harapan semua masyarakat dan bangsa agar pemilu berjalan damai, baik, dan lancar sehingga dapat menghasilkan wakil maupun pimpinan negara ini yang betul-betul memenuhi harapan rakyat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri di Bengkulu, Kamis.
 
Untuk mewujudkan hal itu, kata Hamka Sabri, tentu tidak bisa hanya oleh penyelenggara pemilu, pemerintah, atau TNI/Polri yang menjaga pertahanan, keamanan, dan ketertiban, tetapi perlu dukungan semua pihak, termasuk peserta pemilu.

Menurut dia, peserta pemilu perlu komitmen untuk berkontestasi sesuai dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Begitu pula dengan pihak yang terlibat dalam pemilu seperti simpatisan, pendukung, partai politik, serta masyarakat.
 
Sebelumnya, Hamka Sabri menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN)  di Provinsi Bengkulu untuk tetap profesional dan berintegritas pada masa penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Dengan demikian, ASN tidak terseret oleh urusan politik. Seluruh ASN jaga disiplin, integritas, dan sinergi pekerjaan," ujarnya.
 
Kepolisian Daerah Bengkulu pada hari Rabu (23/8) menginisiasi deklarasi pemilu damai di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Kegiatan ini adalah salah satu strategi Polri dalam rangka cooling system pada rangkaian tahapan Pemilu 2024," kata Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol. Agus Salim.

Wakapolda optimistis pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan damai aman karena pihaknya melihat keakraban peserta yang saat ini berkumpul di ruangan untuk mengikuti deklarasi ini.
 
Brigjen Pol. Agus Salim menyampaikan terima kasih dan apresiasi bagi peserta kegiatan deklarasi pemilu damai.

Melalui kegiatan tersebut, dia berharap dapat menjadi sarana untuk membangun dan mempererat jalinan persaudaraan bertujuan menciptakan situasi aman dan kondusif.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023