Pihak Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta dukungan dari pemerintah daerah untuk menyiapkan lahan pemindahan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dekat bandar udara di daerah ini.
 
"Kami minta dukungan penuh dari pemerintah daerah karena bandara tidak bisa melakukan pengembangan apabila jalan nasional tersebut tidak dipindahkan," kata Kepala Unit penyelenggara bandar Udara (UPBU) Kelas III Kabupaten Mukomuko Ade Yuliana di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan, bahwa sejak pimpinan bandara sebelumnya dan sampai sekarang masih  berusaha untuk mengusulkan kegiatan pengembangan bandara di daerah ini.
 
Untuk melakukan pengembangan bandara di daerah ini, ia mengatakan instansinya telah membuat rencana induk sebagai acuan dan pedoman pengembangan bandara.

"Kami telah sampaikan usulan rencana induk pengembangan bandara kepada Kementerian Perhubungan RI, tetapi sampai sekarang belum disetujui oleh kementerian karena bandara dekat dengan jalan nasional," ujarnya.
 
Kemudian, katanya, instansinya juga telah berkoordinasi kepada bupati dan menyurati pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu. BPJN siap membangun jalan dengan catatan mohon disediakan lahan untuk lokasi pemindahan jalan.
 
"BPJN siap membangun jalan baru untuk lokasi pemindahan jalan nasional selama disediakan lahan selebar minimal 15 meter," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kalau lahan untuk lokasi pembangunan jalan, pemerintah daerah yang bertanggung jawab. "Kami sudah bersurat ke bupati tapi sampai sekarang belum ditanggapi," ujarnya.
 
Selain itu, ia mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, dan Dinas PUPR Provinsi Bengkulu sebelumnya pernah melakukan survei di lahan untuk lokasi pemindahan jalan.
 
Ia yakin, kalau jalan sudah pindah, maka pengembangan bandara di daerah ini terprogram seperti peningkatan terminal, apron diperlebar, dan sarana penunjang lainnya.
 
"Program sudah, sekarang ini kendala pemindahan jalan nasional dekat bandara daerah ini," kata Ade.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023