Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menampilkan berbagai kerajinan dari bahan pelepah pisang di acara Dekranasda mulai tanggal 13-18 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).
 
Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana di Mukomuko, Minggu, mengatakan pemerintah selain menampilkan kerajinan berbahan pelepah pisang serta lidi sawit dan cangkang sawit.
 
"Sebanyak 11 jenis produk kerajinan yang akan kita tampil di acara Dekranasda. Sebanyak 11 produk tersebut dibuat oleh 11 pelaku industri kecil menengah (IKM) yang tersebar di daerah ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah selain membawa sebanyak 11 produk kerajinan tangan serta mengikutsertakan sebanyak 11 IKM pada ajang nasional Dekranasda di Jakarta.

Menurutnya, karena berkat hasil karya 11 pelaku IKM ini sehingga daerah ini memiliki produk kerajinan unggulan yang sangat menarik.
 
Ia menyebutkan, belasan IKM di daerah ini mengolah lidi pelepah kelapa sawit dan cangkang kelapa sawit menjadi tempat penyimpanan buah-buahan penyimpanan tisu.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah selain menampilkan berbagai kerajinan tangan dari bahan baku pohon pisang, lidi pelepah kelapa sawit, dan cangkang sawit serta kerajinan tangan berupa batik tando pusako.
 
Ia menyatakan, berbagai jenis motif batik asal daerah ini ini sudah terdaftar di hak kekayaan intelektual (HaKI) daerah ini supaya jangan ada yang pihak lain yang meniru motif batik Mukomuko ini.
 
Ia yakin, seluruh kerajinan tangan para pelaku IKM di daerah ini dilirik masyarakat khususnya para pelaku IKM dari luar Kabupaten Mukomuko, bukan karena bentuknya yang cukup bagus dan menarik, tetapi bahan baku untuk kerajinan tersebut sangat mudah didapat.
 
"Itulah kelebihan kerajinan tangan pelaku IKM di daerah selain bahan bakunya mudah didapat dan harga nya sangat murah," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mendorong seluruh I yang tersebar di daerah ini untuk terus berkarya membuat kerajinan tangan yang menarik agar kerajinan tangan tersebut diminati oleh masyarakat dari dan luar daerah ini.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, sekitar 1.000 IKM yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini, dan selama ini IKM yang memproduksi berbagai kerajinan tangan dan membuat berbagai jenis kuliner kemudian usaha mikro kecil menengah yang menjualnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023