Mukomuko (Antara) - Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu,  menargetkan sebanyak 4.961 pasangan usia subur menjadi akseptor baru keluarga berencana di daerah itu pada 2015.

"Target akseptor baru keluarga berencana (KB) tahun ini lebih sedikit dibandingkan 2014 sebanyak 8.648 pasangan usia subur (PUS)," kata Kabid Keluarga Berencana dan Keluarga Sehat Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko Edwin Harnani di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan namun target akseptor baru KB 2014 tidak tercapai karena penetapan target tersebut melebihi jumlah PUS. Sedangkan target akseptor baru tahun ini sesuai dengan sisa PUS yang belum masuk program KB di daerah itu.

"Kalau penetapan target akseptor baru KB tahun ini sudah sesuai dengan jumlah sisa PUS yang belum ber-KB di daerah ini," ujarnya.

Ia optimistis jumlah akseptor baru KB tahun ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebanyak 4.961 PUS.

Sementara, sebutnya, jumlah PUS yang menjadi akseptor baru KB di daerah itu sejak tiga bulan terakhir, yakni Januari 2015 sebanyak 167 PUS, Februari sebanyak 655 pasangan, dan Maret sebanyak 619 PUS.

"Jumlah PUS yang jadi akseptor baru KB pada April tahun ini belum direkap," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, instansi itu tetap melakukan pelayanan KB gratis untuk mencapai target aseptor baru KB. Saat ini sedang disusun jadwal pelayanan KB gratis.***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015