Mukomuko (Antara) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja, untuk melatih keterampilan siswa Jurusan Mesin Produksi yang segera dibuka di sekolah ini.   

"Kami akan membuka Jurusan Mesin Produksi di sekolah ini. Langkah awal kerja sama dengan Balai Latihan Kerja," kata Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kabupaten Mukomuko Desilia, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, kerja sama dengan pihak BLK setempat itu dalam hal menyediakan tenaga maupun peralatan. BLK di daerah ini memiliki banyak mesin produksi yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Dia berharap, setelah ada Jurusan Mesin Produksi di SMK itu, peralatan di BLK tersebut dapat dipergunakan oleh siswa dalam meningkatkan keterampilannya.  

"Kami punya tenaga guru untuk Jurusan Mesin Produksi, tetapi masih kurang, sehingga perlu tambahan tenaga dari BLK," ujarnya.

Ia menjelaskan, sekolah itu membuka Jurusan Mesin Produksi karena sudah ada dua jurusan yang saling berkaitan dengan jurusan tersebut.

Dua jurusan itu, kata dia lagi, yakni Rekayasa Mesin atau cara mengambar mesin dan Otomotif atau cara merangkai mesin, sehingga yang belum ada adalah Mesin Produksi atau cara membuat mesin menggunakan mesin bubut.

"Mesin bubut itu adanya di BLK, sehingga mesin tersebut yang ingin kami manfaatkan untuk praktik siswa jurusan ini nantinya," kata dia.

Ia menegaskan, setelah dibuka Jurusan Mesin Produksi di SMK ini, maka menjadi lengkap adanya jurusan mesin mulai dari rekayasa hingga merakitnya.***1***  

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015