Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemberian vaksin untuk mencegah sebanyak 500 ekor hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan monyet terserang penyakit rabies selesai dalam bulan September 2023.
 
"Pemberian vaksin rabies terhadap 500 ekor hewan peliharaan warga daerah ini masih berjalan. Kami targetkan bulan Sepertember selesai," kata Kepala Bidang Perikanan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian setempat sebelumnya menerima bantuan sebanyak 500 dosis vaksin rabies untuk hewan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.
 
Dari sebanyak 500 dosis vaksin rabies tersebut, sebanyak 200 dosis vaksin rabies sudah digunakan untuk pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Kecamatan Ipuh dan sekitar.
 
Kemudian, katanya, sisa vaksin rabies sebanyak 300 dosis dibagi rata ke tiga pusat kesehatan hewan di Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Manjuto, dan Kecamatan Lubuk Pinang.
 
Ia mengatakan, saat ini petugas pusat kesehatan hewan di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko memberikan vaksin rabies pada hewan di Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko, setelah ini di Desa Lubuk Sanai.

"Petugas di tiga pusat kesehatan hewan di daerah ini akan terus menerus memberikan vaksin rabies pada hewan sesuai dengan jumlah vaksin yang tersedia," ujarnya.
 
Ia menambahkan bahwa kesadaran warga untuk memvaksinasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan monyet semakin meningkat.

Ia menyebutkan, misalnya kegiatan pemberian vaksin rabies di wilayah Kecamatan Ipuh yang berlangsung satu hari diikuti oleh 80 orang yang membawa hewan peliharaan ke pusat kesehatan hewan.
 
Menurutnya, kesadaran warga meningkat kemungkinan setelah ada kejadian anak di wilayah Kecamatan Pondok Suguh yang positif rabies membuat masyarakat takut hewannya mengidap penyakit rabies apalagi sampai menggigit orang.
 
Rabies termasuk zoonosis, penyakit hewan yang dapat menular ke manusia. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus rabies ini bisa menular melalui gigitan, jilatan, atau cakaran hewan seperti anjing, kucing, monyet, dan kera, demikian Diana Nurwahyuni .


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023