Seorang pemuda asal Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terpilih mewakili provinsi sempat mengikuti pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. 
 
Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Dinas Kabupaten Mukomuko Panji Surya di Mukomuko, Rabu, mengatakan, Ikbal, pemuda Mukomuko terpilih mewakili Provinsi Bengkulu karena lolos pemilihan pemuda pelopor tingkat provinsi. 
 
"Alhamdulillah di provinsi lolos sehingga Ikbal mewakili provinsi ke tingkat nasional," ujarnya. 
 
Tim Kemenpora dan tim Dispora Provinsi Bengkulu sebelumnya mendatangi Kabupaten Mukomuko untuk melakukan pemilihan pemuda pelopor. 
 
Ikbal, yang juga Ketua Forum Anak Batuah (Foraba) Kabupaten Mukomuko periode 2020 hingga 2022 mewakili daerah ini ikut seleksi pemilihan pemuda pelopor tingkat provinsi.
 
Mahasiswa Teknik Elektro di Universitas Indonesia (UI) itu mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti lomba pemuda pelopor bidang pendidikan. 
 
Ia menjelaskan, salah satu penilaian tim terhadap peserta pemilihan pemuda pelopor adalah apa yang sudah dipelopori dan efek setelah dipelopori. 
 
Selama kepemimpinan Ikbal di Foraba Mukomuko, dia telah menyusun suara anak serta mendorong terbentuknya pustaka, selanjutnya pemerintah daerah sudah membentuknya tahun 2022.
 
"Selanjutnya pemerintah daerah yang membentuknya sebagai perwujudan suara anak yang telah dibentuk oleh Foraba," kata dia. 
 
Kemudian Foraba Kabupaten Mukomuko telah menbentuk pusat pembelajaran keluarga (puspaga) kabupaten dan 15 puspaga tingkat kecamatan, dan semua itu dipelopori oleh Ikbal, sedangkan pemerintah daerah mewujudkan. 
 
Selanjutnya, Ikbal akan mengikuti pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional tanggal 20 Oktober 2023, kemudian pemberian penghargaan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2023.
 
"Kami mengajak masyarakat Mukomuko berdoa semoga Ikbal berhasil, dan Ikbal mendapatkan penghargaan sebagai pemuda pelopor tingkat nasional di bidang pendidikan," demikian Panji Surya. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023