Rejanglebong (Antara) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan Kecamatan Padang Ulak Tanding saat ini masih menjadi sentra penghasil ikan air tawar di daerah itu.

"Saat ini Kecamatan Padang Ulak Tanding masih menjadi sentra penghasil ikan air tawar kolam air deras. Usaha perikanan ini terpusat di Desa Belumai I dan Belumai II," kata Kepala Disnakan Rejanglebong, Amrul Eby di Rejanglebong, Rabu.

Kecamatan Padang Ulak Tanding kata dia, selain penghasil ikan segar jenis nila, ikan mas dan ikan lele juga menjadi daerah penghasil benih ikan dengan pemijahnya balai benih ikan (BBI) setempat yang per tahunnya memeroduksi benih ikan dari berbagai jenis lebih dari 600.000 ekor.

Usaha perikanan kolam air deras di daerah itu tambah dia, dikelola oleh petani ikan yang tergabung dalam kelompok tani dengan jumlah kolam usaha mencapai 42 unit, dan setiap tahunnya mampu menghasilkan ikan segar hingga 200 ton.

Produksi perikanan Kabupaten Rejanglebong sendiri pada 2014 lalu kata dia, baik yang dihasilkan dari usaha perikanan kolam air deras dalam 15 kecamatan di daerah itu dan ditambah produksi perikanan perairan umum dengan berbagai jenis ikan totalnya berkisar antara 4.000 hingga 6.000 ton.   

Potensi pengembangan perikanan air tawar di daerah itu sendiri cukup besar, karena semua kecamatannya memiliki sungai, kemudian danau atau pun saluran irigasi yang bisa dimanfaatkan untuk usaha perikanan.

Kendati wilayah itu sebagian besar topografinya berupa perbukitan dan jauh dari laut kata dia, namun peluang untuk pengembangan sektor perikanan darat tetap terbuka lebar dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki daerah seperti lahan, kelompok petani dan lokasi pemasaran selain untuk pemenuhan kebutuhan warga setempat.

Untuk itu pihaknya saat ini terus melakukan pembinaan kelompok petani ikan, pemberian bantuan benih, peralatan usaha budidaya ikan jaring apung yang diberikan kepada kelompok tani di Danau Talang Kering Kecamatan Curup Utara, kemudian bantuan lainnya diberikan kepada petani ikan di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan dan kelompok tani di Desa Belumai I dan II di Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Sedangkan untuk wilayah perairan umum dilakukan melalui program penebaran benih ikan (restocking) di sungai, danau maupun dam, dimana untuk tahun ini pihaknya telah merencanakannya di 15 kecamatan di Rejanglebong dan terhitung Januari-Maret 2015 lalu sudah dilaksanakan pada tiga kecamatan.***1***

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015