Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membantu memenuhi kebutuhan  air bersih warga sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat saat musim kemarau sekarang ini.
 
"Khusus di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang, sebelumnya banyak permintaan warga untuk dibantu air bersih, terutama warga yang mengadakan acara pesta pernikahan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Rabu.
 
Menurut dia, selain membantu kebutuhan warga yang mengadakan acara pernikahan, juga untuk mandi dan kebutuhan air bersih untuk memastikan di rumah warga di wilayah tersebut.
 
Ramdani menyarankan agar masalah air bersih ini dilaporkan kepada kepala desa (kades) dulu, jadi nanti kades yang menentukan titik kumpul yang juga sebagai lokasi distribusi air bersih dari pemerintah.
 
Ia menyebutkan, memasok air bersih untuk memenuhi kebutuhan orang yang mengadakan pesta pernikahan di daerah ini sudah ada lima hingga enam warga, atau lima kali angkutan air dari sumber air ke rumah warga.
 
Selain itu, pemerintah daerah juga  telah melayani kebutuhan air bagi sawah warga yang kekeringan di wilayah Desa Ranah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang.
 
Namun, pasokan air untuk  lahan persawahan milik petani setempat sementara dihentikan dulu, dan pemerintah daerah mengutamakan pasokan air bersih bagi kebutuhan warga.
 
"Kalau penyaluran air ke sawah kami hentikan dulu, takut ada kecemburuan sosial dari warga yang saat ini membutuhkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya pula.
   
Ia mengatakan, instansi terus berupaya memasok kebutuhan warga di daerah ini yang mengalami kesulitan air bersih saat musim kemarau sekarang ini.  
 
Sementara itu, ia mengatakan, instansi menyiapkan berbagai peralatan untuk menghadapi musin kemarau sekarang ini. Instansinya menyiapkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.
 
Selain itu, katanya, instansinya menyiapkan satu unit mesin pompa air dengan kapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan warga terhadap air bersih dan pengairan sawah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023