Panglima Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil menekankan netralitas prajurit TNI dalam Pemilu 2024, supaya selalu dijaga dan tidak memihak kepada salah satu pihak.

"Saya tekankan kepada seluruh jajaran, baik satuan tempur maupun satuan teritorial sesuai dengan penekanan Panglima TNI dan Kasad, TNI harus netral dalam pelaksanaan pemilu," kata dia saat melakukan kunjungan kerja ke Makodim 0409/Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, pentingnya menjaga netralitas di kalangan prajurit TNI ini selalu disosialisasikannya baik secara langsung maupun melalui putusan ke jajaran Kodam II Sriwijaya membawahi lima provinsi di Sumatera tersebut.

"Salah satu contohnya ialah tidak boleh menggunakan sarana prasarana TNI dalam kegiatan berkampanye, kemudian tidak boleh menggunakan atribut TNI kegiatan kampanye," terang dia.

Selain itu dalam lawatannya ke Provinsi Bengkulu ini Pangdam II Sriwijaya juga mengimbau agar para purnawirawan TNI yang ikut mencalonkan diri pada Pemilu 2024 nanti tidak menggunakan atribut TNI dalam berkampanye karena bisa mengganggu netralitas TNI.

Menurut dia, pelanggaran oleh purnawirawan TNI ini salah satunya terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, di mana dalam baliho kampanye yang bersangkutan mengenakan atribut TNI pada sudah pensiun sehingga ditertibkan oleh pihaknya dan tidak diperbolehkan menggunakan atribut TNI.

Sementara itu untuk pengamanan tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, tambah dia, leading sector nya adalah pihak kepolisian dan bersama-sama dengan polisi menjaga agar pelaksanaan Pemilu 2024 ini bisa berjalan aman, dan TNI selalu siap untuk dikerahkan.

"Kita tetap menyiapkan satuan-satuan kita di kantong-kantong kewilayahan contohnya nanti Dandim akan melihat tingkat kerawanan, kalau memang tingkat kerawanannya relatif tinggi maka bisa minta ke danrem untuk ditempatkan satuan-satuan," ujar Mayjen TNI Yanuar Adil.

Kedatangan Pangdam II Sriwijaya ke wilayah Kabupaten Rejang Lebong kali ini dalam rangka lawatan kunjungan kerjanya selama tiga hari di wilayah Provinsi Bengkulu dengan melakukan kegiatan bakti sosial, peninjauan satuan tempur dan teritorial serta melakukan penanaman kopi robusta di demplot binaan Kodim 0409/Rejang Lebong di Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023