Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengarahkan 30 desa yang mendapatkan tambahan dana desa agar menggunakan dana tersebut untuk penanggulangan bencana alam akibat dampak fenomena El Nino.
 
"Kegiatannya sesuai prioritas desa. Intinya untuk penanggulangan bencana alam dan non alam," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko pada tahun 2023 mendapatkan tambahan Dana Desa sebesar Rp4,1 miliar dari Pemerintah Pusat untuk sebanyak 30 desa atau masing-masing desa mendapatkan Rp139 juta.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Mukomuko sahkan APBD Perubahan2023
 
Ia mengatakan karena ada gejala El Nino sehingga Dana Desa itu bisa digunakan untuk pembuatan sumur bor dan untuk peningkatan produksi pertanian seperti pembangunan saluran irigasi.
 
Selain itu, Dana Desa tersebut bisa untuk penanggulangan wabah penyakit tanaman. "Penggunaan Dana Desa sesuai skala prioritas di desa itu," ujarnya.
 
Dia menjelaskan penambahan Dana Desa untuk  30 desa itu berdasarkan Surat Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Nomor S-129/PK/2023 25 September 2023 tentang Pemberitahuan Rincian Tambahan Dana Desa Tahun Anggaran 2023.
 
Selanjutnya, ia meminta, agar 30 desa yang mendapatkan penambahan Dana Desa mempersiapkan rencana penggunaan dana tersebut, yakni untuk mendanai kegiatan sesuai prioritas desa atau penanganan bencana alam dan non-alam terutama penanganan bencana EI Nino dan dampaknya.
 
"Dana tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kekeringan dan sulitnya air bersih, penurunan produktivitas pertanian, dan wabah penyakit," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Mukomuko tunggu juklak penggunaan DBH sawit
 
Penyaluran tambahan Dana Desa dilakukan secara sekaligus atau paling cepat bulan September 2023 dengan terlebih dahulu menyampaikan dokumen persyaratan berupa surat pernyataan kepala desa terkait komitmen penganggaran tambahan Dana Desa dalam APBDes kepada pemerintah daerah.
 
"Untuk itu desa yang mendapatkan tambahan dana desa tahun 2023 ini. Sudah kami beritahu agar segera melaksanakan rapat untuk segera melaksanakan Musrenbang perubahan," ujarnya.
 
Selain itu, pihaknya mendukung desa lain yang belum mendapatkan penghargaan agar bisa mencontoh 30 desa ini agar ke depan mereka juga bisa mendapatkan penambahan yang sama berupa tambahan dana desa dari Pemerintah Pusat di tahun 2024 mendatang.
 
"Harapan kami tahun depan semakin banyak desa di Kabupaten Mukomuko mendapatkan penghargaan dari Pusat berupa tambahan dana desa. Untuk desa yang belum dapat diharapkan dapat memenuhi semua indikator yang ditetapkan pusat," demikian Eka.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023