Area Taman Patung Kuda, kompleks Rumah Dinas Seluma di Kelurahan Lubuk Lintang, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu pada Selasa sore kebakaran.

Pemadaman dilakukan oleh tim damkar di daerah itu, sedangkan dugaan awal penyebab kebakaran karena puntung rokok para pelajar yang nongkrong di lokasi tersebut.

"Sekarang ini memang musim kemarau. Kita kekurangan air. Jadi masyarakat agar berhati-hati membakar sampah," kata Wakil Bupati Seluma Gustianto.

Baca juga: Terpidana pungli PPPK nakes di Seluma mengajukan banding

Ia mengingatkan masyarakat tentang kerawanan kebakaran saat musim kemarau berkepanjangan di beberapa wilayah, termasuk di Provinsi Bengkulu.

Untuk itu, ia meminta masyarakat berhati-hati membuang puntung rokok dan membakar sampah pada musim kering ini.

Kebakaran di kompleks tersebut, kata dia, tidak menyebabkan korban jiwa.

Akan tetapi, jika kebakaran tidak ditanggulangi secara cepat dapat meluas karena banyak tumbuhan kering yang mudah terbakar.
 
Proses pemadaman kebakaran hutan di kawasan Rumah Dinas Seluma, Provinsi Bengkulu, Selasa (3/9/2023). (ANTARA/Sepriandi)


Akibat kejadian itu, hutan di dekat Taman Patung Kuda habis terbakar.

Setelah beberapa jam, api yang menyebar di beberapa titik di kawasan itu berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran Pemkab Seluma.

Baca juga: Mantan Kabid BKSDM Seluma di vonis empat tahun penjara terkait korupsi

Petugas sempat kewalahan karena api cepat membesar akibat angin kencang.

"Api sudah berhasil dipadamkan petugas. Mudah-mudahan tidak akan terjadi lagi kebakaran di Seluma," kata Wabup Gustianto.

Pewarta: Sepriandi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023