Rejanglebong,  (Antara) - Bupati  Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Suherman menyebutkan, daerah itu memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik dan berpotensi untuk dikembangkan.

"Kabupaten Rejanglebong saat ini memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik dan akan memberikan pemasukan bagi daerah jika dikelola dengan baik. Prasarana penunjang di lokasi wisata alam itu sendiri berupa jalan penghubung sudah dibangun oleh Pemkab Rejanglebong, dan tinggal membangun sarana prasana pendukung wisata lainnya," kata Bupati Suherman di Rejanglebong, Minggu.

Potensi wisata alam yang dimiliki daerah tersebut, kata dia, selama hampir 10 tahun kepemimpinannya beberapa diantaranya sudah dibangun dan menjadi tujuan wisata.

Untuk itu, dia berharap Bupati Rejanglebong selanjutnya agar dapat menggarap potensi wisata alam yang dimiliki daerah itu sehingga dapat memberikan pemasukan bagi daerah dalam bentuk PAD, serta menjadi Kabupaten Rejanglebong sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rejanglebong, Suwardi Latif mengatakan, pada tahun ini daerah itu mendapat kucuran anggaran Rp10 miliar dari Pemprov Bengkulu untuk peningkatan sarana dan prasarana pendukung di dua lokasi wisata yang ada di Rejanglebong.

"Tahun ini dua lokasi wisata di Kabupaten Rejanglebong akan menerima program peningkatan sarana dan prasarana pendukung dari Pemprov Bengkulu sebesar Rp10 miliar. Bantuan ini berupa peningkatan sarana prasarana di Danau Bermanei Kecamatan Curup Utara dan satu lagi di Suban Air Panas dengan anggaran masing-masing Rp5 miliar," ujarnya.

Adanya bantuan anggaran peningkatan sarana prasarana wisata itu sendiri sangat mereka syukuri, mengingat anggaran yang dimiliki daerah itu sangat terbatas sehingga tidak bisa digunakan untuk pengembangan kawasan wisata yang dimiliki daerah tersebut.

Untuk mengembangkan satu lokasi wisata yang dimiliki Kabupaten Rejanglebong kata dia, setidaknya membutuhkan anggaran hingga Rp1 miliar, yang digunakan untuk pembebasan lahan, pembangunan sarana dan prasarana pendukung wisata serta akses jalan. ***3***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015