Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu melakukan validasi data 616 penyandang disabilitas yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan sosial berupa nutrisi dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Saat ini kita masih menunggu dua kecamatan lagi, masih belum selesai," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, Rabu.

Dinas Sosial Mukomuko sebelumnya mengusulkan bantuan sosial berupa nutrisi untuk 616 penyandang disabilitas yang tersebar di 15 kecamatan kepada Kementerian Sosial RI.

Ia mengatakan pihaknya melibatkan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) untuk asesmen dan melakukan validasi data penyandang disabilitas untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan sosial berupa nutrisi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memvalidkan data yang sudah dikirim sebelumnya, kemungkinan dari data yang ada itu ada penyandang disabilitas yang sudah pindah dan tidak ada lagi di daerah ini.

Ia mengatakan karena data yang dikirim ke Kemensos RI beberapa waktu lalu data lama. Data terbaru ada di bidang sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko.

Menurutnya, kemungkinan tidak ada perubahan, karena sebelum mengajukan pihaknya tidak melakukan validasi data penyandang disabilitas.

Terkait dengan pembagian bantuan kepada penyandang disabilitas, ia mengatakan seharusnya Senin (2/10), ternyata ada perubahan jadwal. Pihak pusat minta diundur waktunya, tetapi belum ditentukan.

"Nanti mereka yang akan mengabari kita, termasuk menetapkan jadwal pembagian bantuan nutrisi," ujarnya.

Sementara itu, pihak Sentra Darma Guna bekerja sama dengan DPR RI Rahmad Sholeh yang akan menyerahkan bantuan nutrisi kepada penyandang disabilitas di daerah ini.

Ia menjelaskan pemerintah daerah membagikan nutrisi berupa paket makanan dan vitamin untuk meningkatkan kesehatan penyandang disabilitas di daerah setempat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023