Danrem 041 Garuda Emas Bengkulu Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen menekankan agar seluruh jajaran TNI di Provinsi Bengkulu untuk selalu terdepan menjaga netralitas dan berpartisipasi aktif membantu kelancaran proses pemilu.
 
"Perintah panglima TNI sudah jelas, Kasad, dan diteruskan juga oleh Pangdam, TNI netral, benar-benar netral, tidak berpolitik praktis, tidak berpihak kanan kiri, dan membantu melancarkan proses pemilu maupun pilkada," kata Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, di Bengkulu, Kamis.

Baca juga: Gubernur Bengkulu: TNI semakin dekat dengan masyarakat
 
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam perayaan HUT ke-78 TNI lata dia telah menekankan beberapa hal penting, termasuk soal netralitas di pemilu.
 
Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
"Kedepan untuk menyikapi kondisi tersebut para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa," kata Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen menyampaikan pesan Panglima TNI.
 
TNI lanjut dia berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Baca juga: Presiden Jokowi pimpin Upacara HUT ke-78 TNI di Monas
 
Melaksanakan komitmen netralitas TNI merupakan keharusan, begitu pula mengikuti peraturan pedoman dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan.
 
"Jalin komunikasi kerja sama dan sinergitas dengan Polri, kementerian lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk," ujarnya.

Brigjend Rachmad Zulkarnaen, mengatakan Panglima TNI meminta seluruh jajaran prajurit menjaga nama baik TNI di manapun berada, serta selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023