Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu melakukan pembinaan tanggap bencana bagi masyarakat di wilayah itu.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf M Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bahwa tugas TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) ialah membantu dalam menanggulangi bencana alam. Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 7 ayat 2 UU No.34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Pembinaan ini dilaksanakan merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat dalam rangka antisipasi dini dan meminimalisir dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam," kata dia.

Dia menjelaskan pembinaan yang dilaksanakan pihaknya itu diberikan kepada 70 orang yang berasal dari Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kamis (12/10) kemarin, di mana materinya selain disampaikan oleh dirinya langsung juga oleh pejabat dari BPBD Rejang Lebong.

Sebagai ujung tombak TNI AD, kata dia, dalam melaksanakan pembinaan teritorial menerapkan langkah-langkah konkrit melalui pemberdayaan masyarakat tanggap bencana di wilayah yang rawan terjadi bencana alam dan implementasinya diwujudkan dengan kegiatan Bakti TNI.

"Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, serta menekan kerugian baik korban jiwa maupun harta benda akibat dari bencana alam," terangnya.

Menurut dia, wilayah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong yang meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong termasuk daerah rawan bencana alam sehingga jajarannya itu harus siap siaga guna memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Dia berharap dengan adanya pembinaan masyarakat tanggap bencana yang dilakukan pihaknya bersama BPBD Rejang Lebong ini nantinya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam memberikan penanganan awal jika di wilayahnya sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023