Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun 2024 menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) tematik sekitar Rp500 juta dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI untuk rehabilitasi kolam Balai Benih Ikan (BBI). 

"Rehabilitasi kolam BBI tahun 2024 terakomodir di DAK tematik. Untuk dananya sebesar Rp500 juta," kata Kabid Perikanan Budi Daya Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Fitra Juliatmi, di Mukomuko, Sabtu. 
 
Sebanyak 19 kolam BBI terdapat di Kecamatan Lubuk Pinang. Sebanyak 11 kolam ikan masih aktif sementara sisanya nonaktif karena bocor dan bagian dinding kolam mengalami kerusakan.
 
Adapun kolam BBI yang rusak belum dapat diperbaiki seluruhnya. Upaya perbaikan akan dilakukan sesuai dengan kecukupan anggaran.

"Kalau bisa semuanya terakomodir di DAK tematik tahun 2024. Tetapi kalau melihat kondisi kerusakan kolam sepertinya tidak ter-cover semuanya," ujarnya. 
 
Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi kolam BBI di daerah ini dilaksanakan dengan cara tender penyedia barang dan jasa pemerintah karena anggaran lebih dari Rp200 juta. 
 
Meskipun kolam BBI yang aktif sebanyak 11 kolam ikan, ia mengatakan aktivitas pembibitan dan pembesaran ikan di BBI tetap berjalan seperti biasa. 

Seiring musim kemarau, ia mengatakan pihaknya melakukan irigasi menggunakan sumur bor dengan mesin penggerak dan penyedot sehingga produksi ikan tetap berlangsung.

Namun demikian, Fitra mengatakan air dari sumur bor memiliki keterbatasan jika dibanding air irigasi. "Karena kini pengeringan irigasi, terkendala kita aktivitas terbatas mulai pembenihan dan pembesaran ikan," kata dia.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023