Pemerintah Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan kepada petani berupa puluhan alat dan mesin pertanian sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian daerah berjuluk Bumi Rafflesia itu.
 
"Apa yang disampaikan semoga memberikan manfaat bagi masyarakat dan membuat produktivitas hasil usaha tani semakin meningkat," kata Gubernur Rohidin di Bengkulu, Minggu.
 
Beberapa bantuan di antaranya penyemprotan tanaman elektrik sebanyak 45 unit yang dibagikan kepada 15 kelompok tani, mesin traktor tangan 3 unit, cultivator 22 unit, mesin rumput 42 unit, motor roda tiga sebanyak 3 unit, pupuk organik 2.000 liter, dan pupuk majemuk sebanyak 500 kilogram.
 
Bantuan tersebut dibagikan kepada kelompok tani di Desa Talang Benih, Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Gubernur mengingatkan agar peralatan yang diberikan dijaga dan dipelihara sehingga tidak cepat rusak.
 
Rohidin menegaskan peralatan yang dibagikan tersebut bukanlah milik ketua kelompok tani, namun milik anggota beserta seluruh jajaran.
 
"Tolong jaga dan pelihara baik-baik alat yang diberikan, dan ingat semua anggota kelompok tani berhak menggunakannya," katanya.
 
Gubernur Rohidin mengatakan daerah Curup relatif masih lebih baik kondisinya kalau dibandingkan daerah lain di Bengkulu, apalagi saat kemarau seperti sekarang.

Menurut dia, pada situasi saat ini, kawasan pesisir (Seluma, Manna, Kaur, Bengkulu Utara, Mukomuko) kondisi tanahnya sudah retak-retak akibat kekeringan dan usaha tani pun mulai terhenti.
 
"Di Curup ini sistem pengairannya sudah cukup baik, jadi walaupun musim kemarau melanda tanamannya tetap hijau. Dan ini patut disyukuri secara bersama-sama," kata dia.
 
Tidak hanya di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Provinsi Bengkulu awal Oktober 2023 ini juga telah mendistribusikan bantuan alat pertanian untuk petani di Kabupaten Kaur.
 
Bantuan Pemprov Bengkulu tersebut diberikan pada 19 kelompok tani Kabupaten Kaur. Lima kelompok tani mendapatkan bantuan mesin traktor dan 14 kelompok tani mendapatkan bantuan penyemprot hama tanaman.
 
Tujuannya pendistribusian bantuan alat dan mesin pertanian tersebut tentunya guna meningkatkan produktivitas pertanian, terutama padi. Kabupaten Kaur dan Rejang Lebong merupakan daerah-daerah lumbung padi Bengkulu.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023