Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan reakreditasi 17 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di wilayah itu sebagai upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin, mengatakan dari sebanyak 17 puskesmas, baru 12 puskesmas yang selesai dilakukan reakreditasi.

 
"Sedangkan reakreditasi di lima puskesmas lainnya di daerah ini ditargetkan dapat diselesaikan bulan Oktober 2023 ini atau paling lama awal bulan November 2023," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan dari sebanyak 12 puskesmas yang telah dilakukan reakreditasi, baru hasil reakreditasi Puskesmas Bukit Mulya yang telah keluar, dan hasilnya puskesmas ini mendapat tingkat paripurna.
 
Sebanyak 17 puskesmas di daerah ini sebelumnya telah selesai dilakukan akreditasi dan rata-rata puskesmas di daerah ini terakreditasi tingkat muda dan madya.
 
"Baru sekali ini puskesmas di daerah ini naik tingkat dari madya menjadi paripurna. Selama ini puskesmas mendapat akreditasi tingkat muda dan madya, mudah-mudahan ada lagi puskesmas yang mendapatkan tingkat paripurna," ujarnya.
 
Kendati demikian, katanya, status akreditasi tidak bisa disandang puskesmas seumur hidup karena setiap tiga tahun sekali harus dinilai ulang guna menjamin perbaikan mutu, peningkatan kinerja, dan penerapan manajemen risiko dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh puskesmas.
 
“Supaya semua puskesmas terus berbenah. Setelah puskesmas mendapatkan status terakreditasi, maka ada kewajiban puskesmas meningkatkan mutu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi dari sebelumnya," ucapnya.
 
Sementara itu, ia mengatakan puskesmas yang telah mendapatkan penilaian oleh tim independen selain dapat mempertahankan statusnya, atau bisa jadi statusnya turun dari tingkat madya menjadi dasar.
 
Untuk itu, ia berharap, hasil penilaian terhadap semua puskesmas di daerah minimal bertahan tingkat dasar atau madya, atau terjadi peningkatan statusnya berdasarkan pengalaman mereka selama ini.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023