Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memberdayakan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran di daerah ini.

"Salah satu bentuk program Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, yakni pemberdayaan masyarakat, salah satu tugasnya sosialisasi dan edukasi cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayah Kabupaten Mukomuko," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Rabu.
 
Ia mengatakan hal itu saat pembukaan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang digelar selama dua hari, 25-26 Oktober 2023.
 
Sebanyak 160 warga berasal dari Kecamatan XIV Koto, Air Manjuto, Air Dikit, dan Penarik mengikuti kegiatan yang terbagi menjadi dua gelombang itu.
 
"Adapun maksud dan tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran dari kita khususnya masyarakat dalam menanggulangi bahaya kebakaran yang ada di Kabupaten Mukomuko," ujarnya.
 
Ia mengharapkan masyarakat di daerah ini menjadi lebih siap untuk menjaga Kabupaten Mukomuko dari berbagai bencana, termasuk kebakaran.

Ia mengatakan unsur yang terlibat dalam menanggulangi kebakaran, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat.
 
Pihaknya mengundang masyarakat untuk meningkatkan peran serta dalam memberdayakan warga dalam mencegah bahaya kebakaran, khusus di Kabupaten Mukomuko.

Pihaknya menargetkan setiap desa memiliki relawan penanggulangan bahaya kebakaran.
 
Pemberi materi dalam acara sosialisasi tersebut berasal dari polres, kejari, dan pejabat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu yang kompeten.
 
Ia mengharapkan peserta untuk mengikuti kegiatan ini secara serius, karena masyarakat bisa menyumbangkan pemikiran yang konkret kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan kebakaran.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023