Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membagikan bantuan sebanyak 100 tabung gas LPG tiga kilogram gratis dari pemerintah provinsi kepada keluarga ekonomi miskin yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
"Hari ini pembagian tabung gas LPG tiga kilogram dan isinya sebanyak 100 tabung kepada warga miskin di daerah ini," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, Kamis.
 
Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini memprogramkan bantuan sosial sebanyak 1.000 tabung gas LPG tiga kilogram untuk sebanyak 10 kabupaten dan kota di provinsi ini.
 
Ia mengatakan, pembagian bantuan tabung gas LPG tiga kilogram dilakukan secara perdana di kantor Dinas Sosial untuk warga Kacamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan V Koto.
 
Ia menyatakan, meskipun saat ini warga dari kecamatan lain tidak berkumpul di sini, tetapi pembagian tetap diselesaikan pada Kamis ini. Bantuan akan dibagikan oleh pekerja sosial yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini.
 
Ia mengatakan, sebanyak 100 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah ini ditetapkan berdasarkan surat keputusan (SK) gubernur yang terdiri dari enam hingga 15 penerima per kecamatan.
 
"Data dari Dinsos Provinsi Bengkulu. Sudah di SK gunernur, kita menerima barangnya, lalu dibagikan kepada KPM sesuai dengan SK gubernur," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu meluncurkan program bantuan sosial berupa tabung gas LPG tiga kilogram beserta isinya untuk mengentaskan kemiskinan di daerah ini.
 
Sementara itu, jumlah warga Kabupaten Mukomuko yang masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sampai dengan saat ini mencapai 106.798 orang dari 190.936 orang penduduk di wilayah itu.
 
Ia mengatakan, jumlah warga di daerah ini yang masuk DTKS tahun 2022 meningkat dibandingkan dengan sebelumnya sebanyak 88 ribu jiwa.
 
Menurutnya, DTKS ini bukan data kemiskinan, tetapi data warga di daerah ini pemerlu layanan kesejahteraan sosial seperti bantuan sosial dari pemerintah pusat.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023