Bengkulu (Antara-IPKB) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu tahun ini kembali gelar pemilihan duta mahasiswa 2015.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Bengkulu Adharsya kepada wartawan di kantornya awal pekan lalu  menyampaikan, pemilihan duta mahasiswa pada 2015 akan digelar pada akhir Mei 2015 mendatang. 

"Pemilihan duta mahasiswa 2015 akan dilaksanakan selama dua hari pada 30-31/5 mendatang" kata Adharsya.

Sebelumnya awali tahapan seleksi di sejumlah perguruan tinggi di Bengkulu. Penseleksian berlangsung sejak awal Mei bulan ini dengan peserta tiap universitas mencapai belasan mahasiswa.
Ia mengatakan, pemilihan duta mahasiswa itu upaya memberikan pemahaman kepada generasi muda terhadap pengetahuan generasi yang berencana.

Generasi berencana dapat menyiapkan kehidupan remaja yang sehat, berakhlak mulia dan mandiri. Remaja perlu menyiapkan dirinya untuk bebas dari resiko triad kesehatan reproduksi remaja (seksualitas, napza, HIV/AIDS) sehingga dapat unggul dan menjadi remaja tegar dalam  mendewasakan perkawinannya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja (BKR) BKKBN Corien Akwari Febrianti menambahkan seleksi calon duta mahasiswa berlangsung di beberapa kampus perguruan tinggi di Bengkulu. 

"Sebelum pemilihan duta mahasiswa akhir Mei mendatang, terlebih dahulu kita lalui tahapan penjaringan calon dari unsur mahasiswa di beberapa sekolah tingkat perguruan tinggi,".

Yakni kampus Stikes Tri Mandiri Sakti, IAIN Bengkulu, Poltekes Kemenkes, Poltekes provinsi, UNIB, UMB, kampus Sapta Bahkti, Aula BKKBN serta Stikes Dehasen, kata Corien.

"Minat remaja terhadap pemilihan duta mahasiswa cukup tinggi, melihat seleksi diikuti peserta mencapai ratusan orang," ujarnya.

Generasi berencana (genre) tersebut membina dan mengarahkan remaja dengan aktivitas positif, sehingga remaja bisa fokus terhadap pengembangan dirinya.(rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015