Bengkulu (ANTARA Bengkulu) Kegiatan Bhayangkara KB Kesehatan di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu mampu menyerap peserta baru keluarga berencana sebanyak 1.691 akseptor.

Gerak Bhayangkara KB kesehatan di daerah itu berlangsung di sejumlah wilayah kecamatan dengan pelayanan sejak 18 -28 April 2012.

Kepala Kepolisian Resor Ajung Komisaris Besar (AKBP)  Andy Kirnanda Wijaya, Senin mengatakan,  kegiatan  
KB Kesehatan dengan pelayanan gratis pemasangan alat kontrasepsi dan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat untuk meningkatkan peserta KB guna meningkatknya derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.

“Kita gelar pelayanan pada 15 kecamatan KB gratis maupun kesehatan dasar. Kedua kegiatan  yang digelar tersebut cukup mendapat apresiasi dari warga setempat,” katanya.

Pelayanan KB gratis di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kaur peserta terbanyak menggunakan alat kontrasepsi intra Uterine Device (IUD) 36 orang, implan 279, suntik sebanyak 495, kondom 117 dan pil mencapai 482 peserta.

Sedangkan pelayanan KB bagi peserta menggunakan MOP dan MOW tidak terdapat dalam kegiatan bhakti sosial tersebut. Sebab, pelayanan kedua jenis kontrasepsi tersebut harus dilakukan oleh BKBBN Provinsi karena belum adanya tenaga medis untuk melayani peserta KB yang menggunakan kedua jenis alat kontrasepsi tersebut.

Dari hasil pencapai tersebut menunjukkan pemahaman masyarakat terhadap program pengendalian kelahiran di daerah itu tidak hanya dipandang dari aspek pengaturan kelahiran. Tapi, masyarakat lebih menimbang dari sudut pandang peningkatan kualitas manusia ke depan.

Ia menambahkan, pencapaian peserta KB pada Bhayangkara tahun ini mencapai 1.691 peserta atau sebesar 83 persen dari sasaran sebesar 2.025 akseptor agar dapat memberikan sumbangsi terhadap pembangunan berwawasan kependudukan.
     
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Kaur Syafwan Yunir menyampaikan apresiasi atas respon unsur Polri untuk menggelar bhakti sosial dengan pelayanan KB bagi masyarakat di daerah itu.

“Pencapaian peserta baru dalam gerak Bhayangkara KB Kesehatan di Kaur dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan jangka panjang, melalui peningkatan partisipasi masyarakat ber-KB,” ujarnya(rs/min)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012