Dinas Pariwisata Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan dua desa wisata di daerah itu masuk 10 besar penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023.

"Ada dua desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang masuk 10 besar penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023 yakni Desa Wisata IV Suku Menanti dan Desa Wisata Cawang Lama," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan dua desa wisata daerah itu yang masuk 10 besar tersebut merupakan bagian dari 26 desa wisata yang dibentuk secara bertahap terhitung 2018-2022.

Menurut dia, dua desa wisata daerah itu memiliki potensi masing-masing, di mana untuk Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran memiliki keunggulan di antaranya sektor agro wisata, kemudian atraksi berupa permainan, objek wisata serta memiliki komunitas-komunitas UKM yang berusaha di bidang pertanian dan peternakan.

"Sedangkan untuk Desa Cawang Lama, karena termasuk desa tua sehingga memiliki karakter adat yang cukup kental dan dari awal kecenderungannya menjadi desa adat dan budaya walaupun di sana memilik objek wisata berupa sarana permainan air," terangnya.

Untuk membantu kedua desa wisata ini bisa berkiprah lebih tinggi pihaknya, tambah dia, pihaknya akan terus melakukan pendampingan mengingat dalam waktu dekat akan dilakukan penilaian oleh tim Pemprov Bengkulu langsung ke lapangan.

Pada perlombaan desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun ini sebelumnya diikuti oleh empat desa, yaitu Desa IV Suku Menanti, Desa Cawang Lama. Kemudian Desa Dusun Sawah, dan Desa Kayu Manis.

Sementara itu program pembentukan desa wisata baru di Kabupaten Rejang Lebong, tambah dia, untuk tahun ini tidak ada penambahan yakni sebanyak 26 desa. Desa wisata ini dibentuk Pemkab Rejang Lebong secara bertahap terhitung 2018-2022.

Terpisah Kepala Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran Jumari mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan untuk penilaian lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023, dan berharap bisa yang terbaik di wilayah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023