Wakil Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Wasri mengajak masyarakat setempat menjadikan peringatan Hari Pahlawan untuk membangkitkan semangat dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan di daerah itu.

"Kita generasi penerus yang melanjutkan perjuangan para pahlawan harus memerangi kemiskinan dan kebodohan sesuai tema yang disampaikan oleh Menteri Sosial RI," katanya di Mukomuko, Jumat.

 
Ia mengatakan hal itu usai menjadi Inspektur Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2023 di halaman Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko.
 
Hadir dalam upacara tersebut Sekda Mukomuko Abdiyanto, Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto, Kejari Mukomuko Rudi Iskandar, dan Dandim 0428/Mukomuko Letkol Andri Supratman.
 
"Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan amanah itu demi negara kita lebih maju dan terbebas dari kemiskinan serta kebodohan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, selama ini Pemda sudah melaksanakan pemberantas kemiskinan melalui dinas terkait, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko.
 
"Ke depan, karena masyarakat kita mayoritas petani tentunya terutama ketahanan pangan holtikultura digalakkam. Insya Allah bulan ini musim tanam dan sebagian saluran irigasi yang rusak sedang diperbaiki di daerah ini," ujarnya.
 
Kabupaten Mukomuko tidak kekurangan pangan, dan sebenarnya tidak ada kemiskinan ekstrem. "Kadang survei mengatakan masih ada. Mudahan-mudahan Pemda bersama stakeholder, jajaran polisi, dan TNI bisa mengatasinya.
 
Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto mengatakan masyarakat Mukomuko harus tetap mengingat sejarah, bagaimana perjuangan para pahlawan pada zaman dulu mengusir penjajah.
 
Menurutnya, hari ini masyarakat mewarisi semangat para pahlawan bukan semangat mengusir penjajah tetapi semangat mengurangi kemiskinan dan mengurangi kebodohan.
 
"Kita di Polres Mukomuko memerangi  kemiskinan dan kebodohan, salah satu penyebabnya narkoba. Kita wujudkan semangat memberantas narkoba," ujarnya.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023