Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat membentuk tim khusus untuk mencegah kebakaran rumah warga yang berasal dari arus pendek listrik.

"Kita membentuk tim dalam tahun ini atau setelah pengesahan APBD 2024," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Minggu.

 
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko membentuk tim guna menindaklanjuti program bantuan subsidi kabel listrik Standar Nasional Indonesia (SNI) gratis dari pemerintah setempat.
 
Ia menyebutkan tim ini terdiri atas petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, konsultan khusus instalasi listrik serta melibatkan setiap pemerintah desa di daerah ini
 
"Tim ini bertugas melakukan pendataan sekaligus penilaian kelayakan rumah warga yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan subsidi kabel listrik SNI gratis dari pemerintah daerah," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, pihak desa yang tergabung dalam tim mendampingi konsultan khusus instalatir listrik dalam melakukan pendataan, penilaian, dan survei untuk memastikan kelayakan rumah warga yang diusulkan menerima bantuan kabel listrik SNI gratis dari pemerintah daerah.
 
Terkait dengan anggaran untuk operasional tim yang melaksanakan kegiatan pendataan dan penilaian rumah warga, katanya, berdasarkan pembahasan dengan DPRD setempat sudah dianggarkan untuk kegiatan pendataan sekitar Rp130 juta hingga Rp140 juta.
 
 
"Usulan anggaran sebesar itu untuk pendataan dan penilaian kelayakan bangunan rumah warga yang menerima program ini tahun 2024, kemudian anggaran pembelian kabel listrik SNI diusulkan pada tahun berikutnya," ucapnya.
 
Ia mengatakan instansinya tahun ini secara bertahap melibatkan relawan pemadam kebakaran yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini untuk mengumpulkan data awal bangunan rumah warga yang menggunakan kabel listrik asal-asalan.
 
Selanjutnya, katanya, instansinya menerbitkan surat keputusan rumah warga untuk diusulkan sebagai calon penerima program bantuan subsidi kabel listrik SNI gratis dari pemerintah daerah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023