Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan verifikasi data kelompok usaha bersama (KUB) nelayan sebagai calon penerima bantuan sarana perikanan tangkap berupa mesin tempel dan jaring.

"Saat ini kita masuk tahapan verifikasi data kelompok calon penerima bantuan. Penerima bantuan ini mulai dari Kecamatan Air Rami sampai Kota Mukomuko," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, hal itu saat melakukan pertemuan dengan perwakilan KUB nelayan yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan program sarana perikanan tangkap di ruangan Dinas Perikanan setempat.
 
Sebanyak puluhan orang nelayan yang mewakili KUB nelayan yang tersebar mulai dari Kecamatan Air Rami hingga Kecamatan Kota Mukomuko menghadiri acara pertemuan dengan Dinas Perikanan.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Perikanan setempat tahun 2024 mengusulkan dana alokasi khusus (DAK) kawasan sentra produksi pangan (KSPP) khusus perikanan sebesar sekitar Rp1,7 miliar untuk pengadaan mesin tempel dan jaring.
 
Ia mengatakan, dari DAK KSPP sebesar khusus perikanan Rp1,7 miliar tersebut sebesar Rp935 juta di antaranya untuk pengadaan sebanyak 21 unit mesin tempel dan sebesar Rp828 juta untuk pengadaan jaring sebanyak 69 paket.
 
"Dari sebanyak 21 unit mesin tempel terdiri dari satu unit mesin tempel dengan kapasitas 15 PK dan sebanyak 20 unit mesin tempel ukuran 25 PK," ujarnya.
 
Sedangkan bantuan sebanyak 21 unit mesin tempel tersebut, katanya, diusulkan untuk sebanyak 21 KUB nelayan yang tersebar mulai dari Kecamatan Air Rami sampai Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Kemudian bantuan jaring sebanyak 69 paket untuk 23 KUB nelayan di daerah ini dan setiap KUB nelayan ini diusulkan mendapat bantuan sebanyak tiga paket.
 
Ia berharap, pemerintah pusat mengakomodasi usulan anggaran untuk pengadaan sebanyak 21 unit mesin tempel dan sebanyak 69 paket jaring atau alat tangkap ikan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023