Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mulai membagikan sebanyak 8.083 setel seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP di daerah itu.

Bupati Rejang Lebong usai menghadiri peringatan Hari Guru Nasional 2023 di GOR Rejang Lebong, Senin, mengatakan pembagian seragam sekolah gratis tersebut merupakan program unggulan Kabupaten Rejang Lebong sesuai dengan visi misi Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah pada kampanye Pilkada 2020.

"Ini merupakan program prioritas dan sudah masuk tahun kedua, tahun 2024 nanti juga akan kita berikan lagi," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan seragam gratis ini diberikan kepada pelajar kelas I tingkat SD dan kelas VII tingkat SMP baik negeri maupun swasta tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Program bantuan seragam sekolah gratis di Kabupaten Rejang Lebong dua tahun belakangan ini, kata dia, baru diperuntukkan pelajar SD dan SMP saja dan tahun depan untuk pelajar madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah (MTs) negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rezza Pakhlevie menjelaskan, program bantuan seragam sekolah gratis tahun 2023 ini dibiayai oleh APBD Rejang Lebong 2023 sebesar Rp1,6 miliar.

"Untuk yang tahun ini Insya Allah akan kita bagikan semua tapi untuk sekolah yang di bawah naungan Dikbud Rejang Lebong, tidak termasuk sekolah di bawah Kemenag. Total bantuan seragam yang dibagikan ini sebanyak 8.083 setel," kata Rezza.

Menurut dia, bantuan seragam gratis tahun 2023 diberikan kepada 8.083 siswa, di mana data ini sesuai dengan data pokok pendidikan (dapodik) tahun ajaran 2023/2024 dengan rincian untuk SD sebanyak 4.159 siswa dengan jenis pakaian putih-merah dan tingkat SMP berupa putih-biru sebanyak 3.924 siswa.

"Saat ini kita masih menunggu seluruh barangnya dari penyedia barang tiba di Rejang Lebong, jika sudah sampai langsung kita serahkan kepada masing-masing satuan pendidikan, melalui kepala sekolah masing-masing," terangnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023