Kaur - Dinas Pariwisata Industri Kreatif Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu bersama masyarakat sekitar pantai Way Hawang,membentuk kelompok sadar wisata.

"Pokdarwis harus berada di barisan paling depan dalam memajukan pariwisata Pantai Way Hawang," ujar  Kadis Parinkrepora Kaur, Dihan Bastari.

Menurut Dihan, pokdarwis harus berupaya sekuat tenaga mengembangkan wisata pantai Way Hawang.

Pihaknya juga beberapa waktu yang lalu telah menggelontorkan dana sebesar Rp39 juta untuk revitalisasi pantai Way Hawang yang meliputi pembuatan gazebo, galeri atau panggung utama, sarana MCK serta perbaikan gapura pantai Way Hawang.

Adanya rasa memiliki pada diri anggota pokdarwis sangat diharapkan dalam menjaga areal pantai wisata, kata dia.

"Guna mewujudkan sapta pesona pariwisata, kita sengaja merekrut warga sekitar pantai agar ada rasa tanggung jawab untuk memiliki dan menjaga pantai," jelas Dihan.

Rapat pembentukan pokdarwis di salah satu gazebo pantai Way Hawang dihadiri oleh 15 warga setempat, dan menyepakati Bangsawan (36) warga setempat sebagai ketua pokdarwis pantai Way Hawang.

Bangsawan mengatakan, masyarakat Way Hawang sudah lama menantikan hal seperti itu. Selama ini penjagaan dan kebersihan pantai Way Hawang dilakukan dengan swadaya.

"Dengan telah dibentuknya pokdarwis, kami siap mengembalikan pengunjung ke pantai Way Hawang," terang dia.

Sekitar 20 tahun yang lalu, lanjut dia, setiap Idul Fitri dan Tahun Baru Way Hawang menjadi pusat hiburan bagi warga Bintuhan.
Untuk itulah pihaknya akan berusaha sekuat tenaga mengembalikan pengunjung ke Way Hawang tentunya dengan terus ada dukungan dari pemerintah daerah. (*)

Pewarta: Erman Suhendri

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015