Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana mendirikan sebanyak lima pos pengamanan mudik dan balik lebaran di sepanjang Jalan Lintas Barat di daerah itu.

"Sebanyak lima pos pengamanan yang disiapkan di kecamatan induk yang melewati Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di daerah ini," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Ruslan di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan untuk kepastian jumlah pos pengamanan mudik dan balik lebaran tahun ini akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian resor setempat.

Namun, katanya, perkiraan instansi itu, kebutuhannya sebanyak lima pos sesuai dengan jumlah kecamatan induk dan terminal sepanjang Jalinbar di daerah itu.

"Kita lihat saja nanti hasil rapat dengan forum koordinasi pimpinan daerah, apakah jumlahnya berkurang atau lebih banyak," ujarnya.

Sedangkan jumlah petugas jalan raya (PJR) instansi itu yang ditugaskan di pos pengamanan tersebut, sebutnya, sebanyak empat orang petugas per pos pengamanan.

Petugas dari instansi itu, katanya, melakukan pengamanan di pos dibantu oleh personel kepolisian resor setempat.

Ia menjelaskan, tugas personel dari instansi itu selain membantu kelancaran lalu lintas di sepanjang Jalinbar di daerah itu, juga mengantisipasi bila terjadi bencana tanah longsor.

"Kalau terjadi tanah longsor petugas kita yang turun membantu mengatur lalu lintas agar tidak macet yang dapat menganggu perjalanan mudik lebaran," ujarnya.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015