Mukomuko (Antara) - Puluhan aparat kepolisian di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu, mengikuti perlombaan membaca Al Quran yang diadakan oleh Markas Kepolisian Resor setempat.

"Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-69, kami mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya lomba membaca Al Quran khusus bagi aparat kepolisian," kata Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Andhika Vishnu, di Mukomuko, Rabu.  

Ia mengatakan, lomba membaca Al Quran bagi personelnya itu dimulai sejak Rabu ini sampai beberapa hari ke depan.

Kapolres mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan lomba membaca Al Quran, selain dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara, tujuan lain adalah agar personel memahami cara membaca Al Quran yang baik dan benar.

Selain itu, katanya, agar personelnya tidak hanya bisa membacanya saja tetapi juga memahami maksud bacaan dalam Al Quran tersebut.

"Karena Al Quran ini tidak hanya sebatas kitab suci saja tetapi lebih jauh sebagai petunjuk dan peringatan bagi umat Islam," ujarnya.

Dalam perlombaan membaca Al Quran ini, katanya, pihaknya melibatkan guru agama Islam dan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai juri.

Sehingga, lanjutnya, siapa pun pemenang dalam lomba ini murni karena penilaian dari juri yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Salah seorang juri Ferri Irawan mengungkapkan penilaian dilakukan sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan lembaga pengembangan tilawatil Al Quran (LPTQ) meliputi tajwid, irama atau lagu, adap dan kefasihan peserta dalam membaca Al Quran. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015