Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pagu dana desa yang akan diterima daerah itu tahun depan mencapai Rp104,2 miliar.

"Dana desa yang akan diterima Kabupaten Rejang Lebong tahun depan sebesar Rp104.276.956.000. Jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan dana desa yang diterima tahun 2023 ini Rp103 miliar," kata Kepala Dinas PMD Rejang Lebong Suradi Ripai di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan dana desa (DD) tersebut diperuntukkan 122 desa tersebar dalam 14 dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, di mana satu kecamatan tidak memiliki desa yakni Kecamatan Curup.

Pagu dan desa yang diterima daerah itu dari pemerintah pusat, kata dia, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya dengan besaran lebih dari Rp1 miliar.

Menurut dia, selain besaran dana desa yang mengalami kenaikan, hal yang sama juga terjadi dengan alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong mencapai Rp63,59 miliar, jumlah ini lebih besar dari tahun 2023 ini berkisar Rp56,6 miliar.

Sementara itu, kata dia, untuk pencairan DD tahun 2023 saat ini sudah memasuki pencairan tahap III sebesar 20 persen dari pagu masing-masing desa, dengan jumlah desa yang sudah mengajukan permintaan pencairan sebanyak 75 desa. 

"Kemudian untuk pencairan ADD dicairkan dua tahap, tahap pertama sebesar 75 persen dan tahap kedua sebesar 25 persen. Saat ini desa yang sudah mengajukan permintaan pencairan ADD tahap kedua sebanyak 83 desa," terangnya.

Dia menambahkan, pada tahun 2023 ini dari 122 desa di Rejang Lebong terdapat 27 desa yang mendapatkan dana desa tambahan mencapai Rp3,5 miliar. Pencairan dana desa tambahan ini terpisah dari pencairan dana desa reguler, namun harus sudah terserap sebelum tutup akhir tahun 2023 nanti. 

Dana desa tambahan ini merupakan dana transfer dari Kementerian Keuangan berdasarkan kinerja pemerintah desa dan penghargaan dari kementerian/lembaga.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023