Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu melakukan pembinaan kerukunan antar umat beragama yang ada di wilayah itu sehingga bisa hidup berdampingan satu dengan lainnya..

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejang Lebong Zulfan Efendi usai menggelar sosialisasi forum kerukunan umat beragama (FKUB) di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan kondisi kehidupan umat beragama di Kabupaten Rejang Lebong saat ini penuh kedamaian dan saling menghormati.

"Kehidupan umat beragama di Kabupaten Rejang Lebong sudah terlihat rukun, serasi dan harmonis penuh damai sehingga harus terus dijaga agar tetap kondusif," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk menjaga kehidupan umat beragama di daerah tetap rukun dan damai terutama mendekati Pemilu 2024 pihaknya menggelar sosialisasi FKUB yang diikuti oleh tokoh Agama Islam, Kristen, Budha, Hindu serta Konghucu. Kemudian tokoh masyarakat, para camat dan tokoh pemuda.

Kegiatan sosialisasi FKUB ini, kata dia, mengambil tema peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur dan budaya bangsa di Rejang Lebong.

Pada sosialisasi ini para peserta mendapatkan pengarahan dari ketua FKUB Rejang Lebong Agusten, tentang peran FKUB dalam peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur dan budaya bangsa.

Kemudian materi lainnya disampaikan Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo dengan tema menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan budaya bangsa untuk menjaga semangat bhineka tunggal ika.

Dia berharap, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya itu dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Rejang Lebong pentingnya menjaga kerukunan umat beragama sehingga kehidupan masyarakat akan berjalan normal.

"Menjelang Pemilu 2024 ini ada beberapa kerawanan dan potensi konflik yang berkemungkinan terjadi seperti kampanye hitam, politik uang, dan gesekan massa dalam kampanye terbuka," demikian Zulfan.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023