Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini menunggu penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dampak El Nino untuk warga di daerah itu.

Kepala Dinsos Rejang Lebong Anes Rahman di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pihaknya sudah diberitahu oleh Kementerian Sosial dalam waktu dekat akan menerima penyaluran BLT dampak El Nino sebesar Rp400.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).

"Pihak Kantor Pos Curup selaku penyalur BLT El Nino sudah melakukan koordinasi dengan kami, rencana pada awal bulan Desember ini akan ada penyaluran BLT El Nino sebesar Rp400.000, untuk bulan November dan Desember," kata dia.

Dia menjelaskan, kalangan warga yang akan menerima bantuan sosial ini belum diketahui jumlahnya karena datanya akan diambil dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Menurut dia, jika berdasarkan data penerima bantuan pangan non tunai (BNPT) dan program keluarga harapan (PKH) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong jumlahnya lebih dari 19.000 KPM.

"Penyaluran BLT ini rencananya akan dilakukan launching oleh Bupati Rejang Lebong, waktunya masih ditentukan, bisa pekan ini atau pekan depan. Sebelum tutup tahun harus sudah selesai," ujarnya.

Dia berharap BLT El Nino dari Pemerintah Pusat ini bisa direalisasikan dalam waktu dekat, sehingga warga yang terdampak bisa memanfaatkannya guna memenuhi kebutuhan pokok di tengah lonjakan harga-harga yang terjadi belakangan ini.

Sebelumnya Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong menyebutkan 55 hektare areal pertanian dalam empat kecamatan di wilayah itu mengalami kekeringan akibat pengaruh El Nino yang terjadi di Tanah Air belakangan.

Areal pertanian yang mengalami kekeringan di Rejang Lebong itu tersebar di 10 desa/kelurahan dalam empat kecamatan dengan jumlah petani yang terdampak sebanyak 84 orang.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023