Pihak UPTD Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko melaporkan saluran Irigasi Manjuto Kanan yang sebelumnya jebol akibat tanah longsor kini telah berhasil diperbaiki sehingga kembali mengalirkan air untuk 730 hektare sawah milik petani di daerah ini.

"Air dari Irigasi Manjuto Kanan pasca jebol kemarin kini kembali mengalir untuk pengairan sawah petani," kata Kepala UPTD Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Debi saat dihubungi dari Mukomuko, Rabu. 

Ia mengatakan air Irigasi Manjuto Kanan kini kembali mengalir untuk pengairan sawah petani setelah upaya penanganan darurat oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII.

Saluran induk (primer) Bangunan Manjuto (BM) 2 hingga BM 3 Daerah Irigasi Manjuto Kanan di Desa Lalang Luas, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, yang jebol pada tanggal 20 November 2023, kini sudah diperbaiki.

Debi juga mengungkapkan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas respons cepat dari BWS Sumatera VII dan bahwa petani yang telah menantikan air irigasi selama hampir 16 hari kini dapat melanjutkan aktivitas pertanian mereka dengan lebih baik.

Upaya tanggap darurat itu melibatkan kerja sama antara BWS Sumatera VII Bengkulu, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko. Petani dan pemerintah daerah setempat menyambut baik upaya ini.

"Alhamdulillah kami dari pemerintah daerah selaku operator irigasi menyambut hal baik dengan adanya tanggap darurat dari BWS kami sangat bersyukur dan antusias menunggu kedatangan air irigasi ini," kata dia.

Dengan penyelesaian cepat dari perbaikan saluran Irigasi Manjuto Kanan, petani kini dapat kembali melakukan penanaman padi di lahan persawahan mereka, memberikan harapan baru bagi pertanian di wilayah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023