Mukomuko, (Antara) - Petugas Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan pengecekan persediaan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran tahun ini.

"Kami ke lapangan untuk cek persediaan daging sapi ke pedagang dan jumlah yang hendak mereka potong sebelum Lebaran," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Jumadi, di Mukomuko.

Ia mengatakan, sasaran pengecekan ini kepada dua pemotong besar di daerah itu seperti Rapi dan Pendi.

Karena, katanya, sebelumnya sapi di kandang milik Pen, begitu sapaan akrab salah seorang pemotong sapi Pendi, sebanyak 15 ekor dengan berat 700 - 800 kilogram.

Sedangkan, lanjutnya, setiap satu ekor sapi itu kalau sudah menjadi daging seberat 400 kilogram.

Di samping itu, katanya, ada sebagian pedagang kecil yang memotong sebanyak dua hingga tiga ekor sapi. Mereka ini Yuk dan Cil pedagang sapi.

"Mereka juga menyediakan daging sapi," ujarnya.

Berdasarkan hitungan, katanya, jumlah daging sapi yang dibutuhkan oleh masyarakat di kabupaten itu dalam satu musim lebaran ini, dari Pen sebanyak 1,5 ton daging.

Ditambah lagi, lanjutnya, dari pedagang daging di Kecamatan Penarik sebanyak 800 hingga satu ton daging.

Ada juga pedagang daging di Kecamatan V Koto memotong untuk kebutuhan masyarakat di wilayahnya yang berjumlah sebanyak empat ekor sapi. *

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015