Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan akan mendirikan lima pos pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerah itu dengan melibatkan 185 personel gabungan.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektor Operasi Lilin Nala 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, secara daring di Mapolres Rejang Lebong, Senin, mengatakan operasi tersebut akan digelar mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

"Personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Nala 2023 Polres Rejang Lebong ini akan melibatkan 185 personel. Sedangkan untuk pos pengamanan dan pelayanan akan kita dirikan di lima pos," kata dia.

Dia menjelaskan personel gabungan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tersebut, selain berasal dari Polres Rejang Lebong jajaran, juga dari Brimob Polda Bengkulu, Kodim 0409/Rejang Lebong, Pemkab Rejang Lebong, ORARI dan Pramuka.

"Petugas gabungan ini, selain akan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal, juga tempat wisata di wilayah itu," ujarnya.

Sedangkan pos pengamanan Natal akan didirikan di lima lokasi berbeda, di antaranya Pos Pelayanan di Pasar Bang Mego Curup, Danau Mas Harun Bastari.

Selanjutnya, juga disiapkan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, di antaranya di lokasi wisata Tebing Suban, Kecamatan Curup Timur, dan di Sawangan Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi, serta pos kontainer di Kecamatan Binduriang.

"Fokus pengamanan yang akan dilakukan petugas gabungan ini, selain di beberapa gereja, juga pada titik-titik pusat keramaian malam pergantian tahun baru antisipasi kemacetan dan gangguan kamtibmas," ujarnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Rejang Lebong Bidang Pemerintahan dan Politik Pemkab Rejang Lebong Amrul Eby dalam kesempatan itu menyatakan personel dari Pemkab Rejang Lebong akan dilibatkan berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan.

Dia berharap perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerah itu nantinya bisa berjalan aman dan damai, sehingga masyarakat setempat dan pengunjung dari luar daerah bisa menikmati liburan dan pergantian tahun dengan nyaman.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023