Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan laboratorium lingkungan yang saat ini dalam pembenahan beroperasi pertengahan bulan Januari 2024.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto di Mukomuko, Selasa mengatakan daerah ini sudah lama memiliki laboratorium lingkungan namun sampai sekarang belum beroperasi. 

"Saat ini kami sedang sibuk untuk pembenahan laboratorium lingkungan, alat-alat yang sudah lama tidak digunakan mau kami cek satu per satu, tetapi paling lambat Minggu kedua bulan Januari 2024 laboratorium kita ini sudah mulai beroperasi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kalau ada alat-alat di laboratorium lingkungan ini yang belum bisa digunakan, instansinya telah berunding kepada pihak ketiga dari PT Haqilab Karya Indonesia (HKI), apakah bisa memakai alat mereka dulu menjelang anggaran cair.
 
Ia menambahkan, karena pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan PT Haqilab Karya Indonesia untuk mengoperasikan laboratorium lingkungan hidup di daerah ini.
 
"Kami mau melobi pihak ketiga untuk meminta bantu bisa atau tidak alat laboratorium lingkungan mereka dipinjam terlebih dulu agar laboratorium lingkungan daerah ini dapat beroperasi awal tahun 2024," ujarnya.
 
Menurutnya, karena alat-alat laboratorium lingkungan ini sudah lama tidak digunakan, sehingga alat tersebut perlu dilakukan kalibrasi agar alat yang digunakan sesuai standar atau normal seperti awal.
 
Ia menyebutkan, alat-alat yang mau dikalibrasi salah satunya spektro yang berfungsi untuk mengukur kualitas air, oven untuk memanaskan zat, PH meter, dan seluruh alat yang berhubungan itu dikalibrasinya.
 
Terkait dengan dana yang dibutuhkan untuk melakukan kalibrasi alat-alat laboratorium lingkungan yang sudah lama tidak dipakai tersebut, katanya, dianggarkan tahun 2024
 
"Ada teknisi khusus bersertifikat yang melakukan kalibrasi alat-alat laboratorium lingkungan ini," ujarnya pula.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023