Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun 2024 kembali memprogramkan pembelian global positioning system (GPS) dan fishfinder, alat yang berfungsi mendeteksi lokasi dan keberadaan ikan untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini.

"Tahun 2024 kami akan membeli sebanyak empat unit GPS dan fishfender yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp26 juta," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Jumat. 

Pemerintah Kabupaten Mukomuko hampir setiap tahun mengalokasikan anggaran dari DAU untuk pembelian alat pendeteksi lokasi dan keberadaan ikan untuk kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini.
 
Ia mengatakan, bidang perikanan tangkap tahun 2024 hanya menerima DAU untuk pembelian GPS dan fishfinder, tidak ada anggaran untuk pembelian alat tangkap dan mesin tempel.
 
Namun bidang perikanan tangkap tahun 2024 menerima dana alokasi khusus (DAK) kawasan sentra produksi pangan (KSPP) khusus perikanan sebesar sekitar Rp1,7 miliar untuk pengadaan mesin tempel dan jaring.
 
Terkait dengan bantuan GPS dan fishfender, ia mengatakan, sudah ada kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini yang menjadi calon penerima bantuan alat pendeteksi lokasi dan keberadaan ikan.
 
"Calon kelompok nelayan yang menerima bantuan GPS dan fishfender sudah ada, tinggal lagi kami melakukan verifikasi data kelompok yang diusulkan menerima bantuan GPS dan fishfender tahun 2024," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah mengupayakan semua kelompok nelayan di daerah ini menerima bantuan GPS dan fishfender guna memudahkan nelayan dalam mendeteksi keberadaan ikan berkumpul di perairan laut di daerah ini.
 
Ia berharap, setelah nelayan menerima bantuan selain alat tangkap ikan dan mesin tempel, GPS dan fishfinder dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023