Rejanglebong (Antara) -Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu akan menggelar pementasan kesenian daerah guna mempromosikan objek wisata yang ada di daerah itu.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan M Suwardi Latif di Rejanglebong, Jumat (24/7), pementasan kesenian daerah tersebut dalam rangka mempromosikan objek wisata yang ada di Rejanglebong dan akan dipusatkan di Danau Mas Harun Bestari.  

"Pementasan kesenian daerah ini akan dilaksanakan setiap hari Minggu, acara ini akan dimulai pada 26 Juli 2015 hingga akhir tahun mendatang, pementasan kesenian daerah ini akan diisi oleh peserta dari 15 kecamatan di Rejanglebong," katanya.

Aneka kesenian daerah yang akan dipentaskan dalam bentuk hiburan rakyat ini kata dia, selain brupa kesenian lokal khas Rejanglebong juga akan diisi pementasan kesenian nusantara, pementasan teater, seni rupa hingga ke jenis tari kreasi modern.

Dipilihnya kawasan Danau Mas Harun Bestari atau DMHB tambah dia, karena lokasi itu dianggap lebih refresentatif, terletak di pinggir jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, sehingga mudah di jangkau dari berbagai daerah serta arealnya luas.

Pementasan kesenian Nusantara ini akan diisi oleh peserta dari 10 kecamatan yang menunjukkan kemampuan dalam kesenian kuda kepang, dimana masing-masing kecamatan akan melakukan atraksi secara bergantian.

Sedangkan untuk lima kecamatan lainnya akan menampilkan aneka kesenian daerah khas Rejanglebong diantaranya pementasan tari kejei.

Kawasan wisata yang dimiliki kabupaten Rejanglebong selain DMHB kata dia, juga meliputi objek wisata Suban Air Panas, Danau Bermanei dan Taman Wisata Alam Gunung Api Bukit Kaba.

Namun dari empat lokasi wisata ini yang sudah memberikan kontribusi dalam bentuk PAD baru dari Suban Air Panas dan DMHB.

Kawasan wisata yang ada di daerah itu setiap musim libur sekolah dan lebaran serta hari-hari libur lainnya selalu ramai di datangi pengunjung baik yang datang dari 15 kecamatan di Rejanglebong, kemudian dari Kota Bengkulu serta kota-kota lainnya yang berdekatan dengan Provinsi Bengkulu seperti dari Provinsi Sumsel.

Pemkab Rejanglebong pada tahun ini menargetkan penerimaan asli daerah (PAD) sektor pariwisata di daerah itu sebesar Rp1,7 miliar,  sama dengan tahun sebelumnya terealiasasi berkisar Rp1,5 miliar.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015