Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerima pengiriman 212.971 lembar surat suara untuk pemilihan calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD) pada Pemilu 2024.

"Kita sudah menerima surat suara untuk DPD sebanyak 212.971 lembar, sejauh ini kita belum mengagendakan penyortiran dan pelipatan. Untuk pelipatan ini kita agendakan pada awal Januari 2024," kata Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan, surat suara untuk pemilihan calon anggota DPD asal Provinsi Bengkulu tersebut datang pada Kamis sore (21/12), dan selanjutnya disimpan di Gudang Logistik KPU Rejang Lebong.

Surat suara untuk pemilihan calon DPD ini, kata dia, rencananya akan dilakukan penyortiran terlebih dahulu oleh pihak internal KPU Rejang Lebong.

Untuk proses pelipatan surat suara calon DPD Bengkulu itu sendiri direncanakan sebelum 5 Januari 2024, yang mana proses pelipatannya akan melibatkan kalangan mahasiswa perguruan tinggi di daerah itu.

Sementara itu, surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada 9 Desember lalu, dan setelah dilakukan pelipatan pada 13-15 Desember diketahui ada 264 lembar surat suara yang rusak.

Selain ada surat suara yang rusak, tambah dia, juga ada surat suara yang diterima daerah itu yang mengalami kekurangan dari jumlah kebutuhan sebanyak 187 lembar, sehingga jumlah surat suara Pilpres yang kurang ini sebanyak 451 lembar.

"Untuk surat suara Pilpres yang rusak dan kurang ini akan mengajukan permintaan pergantian ke KPU RI melalui aplikasi sistem informasi logistik atau Silog," tegas dia.

Sejumlah logistik Pemilu 2024 yang sudah diterima KPU Rejang Lebong ini telah disimpan di Gudang KPU Rejang Lebong yang berada di Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah dengan penjagaan petugas TNI/Polri.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023