Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2024 kembali menerima dana pembangunan daerah dalam skema instruksi presiden (inpres) untuk pembangunan jalan penghubung desa terpencil.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Senin, mengatakan, pihak Kementerian PUPR meminta kabupaten untuk menyiapkan seluruh kelengkapan usulan inpres jalan 2024 sesuai dengan Inpres Nomor 3 tahun 2023 inpres jalan daerah dilakukan dua tahap tahap satu 2023 dan tahap kedua 2024. 

"Usulan dana inpres tahun 2024 dari daerah ini ada lima, yaitu Simpang Kasidi, Air Bikuk-Kuala Teramang, Jembatan Pondok Suguh-Teluk Bakung, Suka Maju-Sendang Mulyo, Surian Bungkal-Mekar Mulya," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya sudah mengajukan, kini dan menunggu dibuka aplikasi Sitia memverifikasi dokumen persyaratan yang disyaratkan, yakni dokumen lingkungan, rencana anggaran biaya (RAB), pernyataan bupati berupa hibah tanah, bersedia menerima jalan dan jembatan bersumber inpres jalan daerah, dan bersedia memelihara.
 
Setelah persyaratan lengkap, katanya, selanjutnya dokumen persyaratan di unduh dalam aplikasi Setia verifikasi oleh Balai Jalan Nasional, lalu baru menunggu pagu atau review produk perencanaan kabupaten oleh pihak balai.
 
Setelah di review, katanya, baru pagu anggaran untuk pembangunan jalan di daerah ini turun, setelah itu dilakukan pelelangan Balai Jalan Nasional.
 
"Mudah-mudahan kita dapat alokasi yang banyak tahun 2024," ujarnya.
 
Ia mengatakan, daerah ini tahun 2024 mendapatkan dana Inpres tidak lepas upaya dan terobosan bupati ke pusat. Beliau mengajukan dana Inpres untuk pembangunan jalan ke Komisi V DPR RI, Kementerian PUPR, KSP.
 
Sedangkan, instansinya di bawah hanya menyiapkan persyaratan yang ada agar tidak terlambat. Instansinya membentuk tim di dinas PUPR agar selalu berkolaborasi dengan pihak Balai Jalan Nasional.
 
Sementara itu Kabupaten Mukomuko tahun 2023 menerima dana pembangunan daerah dalam skema instruksi presiden untuk pembangunan jalan penghubung desa terpencil sebesar Rp123 miliar.
 
Ia menyebutkan, dana inpres sebesar Rp123 miliar tersebut untuk membangun tiga ruas jalan penghubung di sejumlah desa terpencil di daerah itu.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023